Wednesday, July 11, 2018

Panduan Rancangan Proposal Penelitian Fakultas Kedokteran


1.      Judul : “HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT TENTANG PENYAKIT MALARIA DI KECAMATAN SIRIMAU TAHUN 2019”, Populasi target adalah penduduk yang tinggal di daerah endemic malaria. Populasi terjangkau adalah masyarakat kecamatan sirimau karena merupakan wilayah endemic yang terdekat. Kriteria eksklusi adalah orang yang telah atau menderita penyakit malaria. Sampel di ambil dengan meggunakan teknik cluster randim sampling. Karena Kecamatan Sirimau yang luas. Sampel akan diambil secara acak pada tiap tempat dan rumah penduduk di kecamatan sirimau. Dalam hal ini untuk mengetahu prevalensi pada satu tahun terakhir dan kemudian dinyatakan dalam bentuk persentase, digunakan rumus deskriptif numeric. 
2.      Judul : “KONDISI VEKTOR MALARIA DI KECAMATAN TELUK AMBON BAGUALA TAHUN 2019”, Populasi target, penduduk di daerah endemic habitat nyamuk Anopheles sp. Populasi terjangkau adalah penduduk di wilayah kecamatan teluk ambon baguala. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling karena wilayah kecamatn teluk ambon baguala yang sangat luas. Pengambilan sampel akan dilakukan pada tiap wilayah yang menjadi habitat dari nyamuk Anopheles sp. Rumus yang digunakan adalah deskriptif Numerik, karena desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional deskriptif, yaitu dengan menunjukan data berdasarkan Man bitting rate, dan Man hour density. Yaitu, frekuensi digigit dan seberapa sering digigit nyamuk Anopheles sp.
3.      Judul : “HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI KOMBINASI PROGESTERONE ESTROGEN TERHADAP KEJADIAN KANKER LEHER RAHIM DI AMBON”, Populasi target yaitu pasien kanker leher Rahim pengguna alat kontrasepsi kombinasi progesterone estrogen. Populasi terjangkau pasien kanker leher Rahim pengguna alat kontrasepsi kombinasi progesterone estrogen di ambon. Kriteria eksklusi tidak ada. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling yaitu menilai variasi tiap strata yang kemudian diharapkan dapat menunjukan odds ratio dari kasus diatas.Rumus yang digunakan adalah rumus analitik kategorik tidak berpasangan. Dalam hal ini untuk menganalisis adanya pengaruh penggunan kontrasepsi tersebut diatas dengan kanker leher Rahim berdasarkan studi case control
4.      Judul : “HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN KEJADIAN HIPERTENSI TAHUN DI AMBON TAHUN 2019” Populasi target adalah pasien hipertensi. Populasi terjangkau adalah pasien hipertensi di RSUD Ambon. Kriteria eksklusi tidak ada. Rumus yang digunakan adalah Penelitian Analitik Korelatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan Consecutive sampling, yaitu subjek akan datang untuk diukur IMT dan tekanan darah. Dengan menganalisis data antara IMT, dan tekanan darah pada pasien hipertensi kemudian menilai apakah terdapat hubungan antara kedua variable tersebut. Rumus yang digunakan adalah penelitian analitik korelatif. Untuk menganalisis korelasi antara IMT dan Hipertensi dengan perhitungan matematis.
5.      Judul : “PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN PHBS TENTANG MENCUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG MENCUCI TANGAN PADA SISWA SDN INPRES 18 KARPAN AMBON PADA TAHUN 2018”, Populasi target masyarakat kota ambon yang belum diberikan penyuluhan PHBS. Populasi terjangkau, siswa SDN INPRES 18 kota Ambon. Kriteria Eksklusi tidak ada. Teknik pengambilan sampel adalah convenient sampling. Peneliti menentukan sendiri secara subjektif populasi yang akan digunakan sebagai sampel. Rumus yang digunakan adalah  Analitik kategorik berpasangan. Karena penelitian yang dilakukan termasuk jenis berpasangan, yaitu menganalisis perubahan sebelum dan sesudah penyuluhan pada individu yang sama untuk mengetahui adanya perubahan.

No comments:

Post a Comment